Pentingnya UPS Mendukung Teknologi Smart Home

Fungsi smart home dapat membantu efisiensi pengoperasian rumah

Solusi otomatisasi rumah (home automation) atau rumah pintar (smart home) merupakan teknologi yang mulai naik daun. Pasalnya, sudah mulai banyak rumah yang menerapkan sistem ini. Memang, teknologi ini punya banyak keunggulan. Salah satunya, penghuni bisa mengontrol seluruh perangkat elektronik di rumah menggunakan smartphone dari mana pun dan kapan pun.

Mulai dari pengontrolan lampu, sakelar, termostat, mesin cuci, pemanas air, kulkas, dan pengering pakaian kini bisa dilakukan dengan teknologi otomatisasi. Bisa dibilang, kehadiran teknologi ini mengubah cara hidup seseorang menjadi lebih efisien.

Asisten pribadi

Dengan teknologi home automation, kamu tak perlu lagi pusing memikirkan pekerjaan rumah yang merepotkan. Saat lupa mematikan perangkat, kamu cukup mengakses aplikasi di smartphone. Semua perangkat yang lupa dimatikan tadi pun beres dengan satu sentuhan.

Selain itu, teknologi home automation juga memungkinkan kamu mengontrol seluruh perangkat di rumah dengan akses suara. Saat ingin menyetel musik sambil kamu bekerja di rumah, misalnya, cukup menyebut judul lagu yang ingin disetel, maka sistem akan secara otomatis membaca suara kamu.

Baca juga: Ingin WFH Makin Seru? Coba 5 Inspirasi Dekorasi Ulang Ruang Kerja Ini

Jadi lebih aman

Tak hanya memberikan kenyamanan, teknologi home automation juga memberikan penghuni keamanan. Dengan teknologi ini, kamu bisa memantau selama 7/24 saat sedang tidak berada di rumah. Hal terpenting, CCTV yang kamy gunakan harus terkoneksi dengan sistem rumah pintar dan jaringan internet yang memadai.

Saat kamu sedang tidak awas mengontrol pun, sistem secara otomatis akan membaca gerak-gerik mencurigakan yang terjadi di rumah. Tak lama setelah itu, sistem akan membunyikan alarm tanda bahaya. Dengan begini, rumah akan jadi lebih safe.

UPS APC by Schneider Electric

Pentingnya peran UPS

Saat menggunakan teknologi home automation, satu hal yang harus kamu pastikan adalah perihal listrik. Jangan sampai jaringan listrik di rumah putus dan malah jadi merepotkan kamu sebagai pemilik rumah.

Pasalnya, perangkat elektronik di rumah harus terus terhubung dengan listrik agar pengoperasian sistem otomatisasi tersebut dapat terus berjalan. Tanpa pasokan daya listrik, perangkat pintar di rumah praktis tak bisa berfungsi.

Oleh karenanya, setiap rumah pintar harus dibekali uninterruptible power supply (UPS) sebagai pemasok sementara ketika aliran listrik utama terputus. Kapasitas cadangan listrik yang disiapkan pun bisa digunakan dalam hitungan jam.

Salah satu produk UPS yang bisa kamu coba adalah APC by Schneider Electric. Selain bisa melindungi perangkat rumah saat listrik mendadak mati, fungsi UPS ini juga bisa mengantisipas lonjakan voltase yang mungkin terjadi.

UPS tersebut juga menawarkan banyak model dengan berbagai desain, ukuran, dan warna sehingga memberikan kamu pilihan yang sesuai dengan kebutuhan. Tak hanya itu, UPS ini juga sudah dibekali fitur power clean, baterai yang dapat diisi ulang, dan bisa digunakan di berbagai perangkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar