Perusahaan Harus Tahu, Ini 6 Langkah Menata Ruang Server di Kantor

ruang server

Bagi perusahaan, ruang server merupakan aset integral untuk bisnis karena berfungsi sebagai ruang fisik yang menampung semua data jaringan komputer.

Sebagian besar tim teknologi informasi atau information technology (IT) di organisasi mana pun pasti memerlukan ruang server untuk memecahkan masalah jaringan dan melakukan pemeliharaan rutin.

Oleh karena itu, penataan ruang server perusahaan yang baik dibutuhkan untuk pemeliharaan yang lebih mudah. Desain ruang server yang baik juga penting sebagai norma keselamatan organisasi.

Melansir situs resmi Schneider Electric, berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan perusahaan untuk menyiapkan dan menata ruang server di lingkungan kantor.

1. Tentukan ukuran ruangan yang sesuai

Langkah pertama adalah menentukan ukuran ruang server yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Ini harus direncanakan sedemikian rupa sehingga akan ada cukup ruang untuk server, wires, kabel, dan peralatan lain yang diperlukan agar tetap nyaman. Departemen IT juga harus memastikan bahwa data disimpan menjauh dari dinding luar ruangan.

2. Siapkan ruang penyimpanan hardware

Langkah selanjutnya adalah merencanakan dan mengoptimalkan ruang. Lemari dan rak harus dirancang untuk menyimpan mesin fisik dan inventaris terkait IT seperti sakelar dan soket listrik di ruang server. 

Salah satu ruang penyimpanan atau storage yang bisa kamu pilih adalah NetShelter dari Schneider Electric. Memiliki ruangan yang terencana dengan baik akan membantu tim IT melakukan perawatan secara cepat dan tepat waktu.

3. Jaga agar ruangan tetap dingin

Setelah ruang server selesai diatur, langkah selanjutnya adalah memastikan ruangan tetap dingin dan kering untuk menghindari peralatan overheat atau terlalu panas. Salah satu opsi yang bisa diterapkan adalah memasang cooling unit sebagai alat pendingin di ruang server. Pastikan pula ada termometer dan dehumidifier di dalam ruangan untuk mengecek suhun dan kelembapan.

4. Beri ruang untuk kabel

Menjaga semua kabel tetap aman sangat diperlukan. Oleh karena itu, pastikan ruang server memiliki space yang cukup untuk meletakkan kabel listrik tanpa membuatnya berantakan dan menggulung tidak beraturan.

Baca juga: Pentingnya UPS Mendukung Teknologi Smart Home

5. Terapkan prosedur keamanan

Salah satu hal penting lainnya adalah selalu menerapkan prosedur keamanan secara ketat. Ruang server memiliki semua data yang penting bagi perusahaan. Oleh karena itu, ruang server harus dibatasi hanya untuk beberapa orang. Sistem kontrol akses pun harus dipasang untuk memastikan bahwa hanya orang yang perlu pergi ke sana untuk bekerja yang memiliki aksesnya. Ruang server yang aman akan melindungi semua data penting perusahaan.

6. Selalu pantau ruang server

Betapa pun amannya ruang server, penting bahwa proses pemantauan harus diterapkan untuk berjaga-jaga. Setiap aktivitas yang tidak biasa pun harus segera ditindaklanjuti untuk menghindari kejadian yang tak diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar