Berbasis Cloud, EcoStruxure Plant Advisor Bantu Operasional Pabrik Lebih Efisien

Teknologi EcoStruxure Plant Advisor dari Schneider Electric

Perusahaan industri modern saat ini berada di bawah tekanan yang sangat besar untuk meningkatkan ketangkasan guna memenuhi permintaan global yang dinamis. Di lain sisi, industri juga harus tetap fokus pada efisiensi biaya dan tenaga operasional pabrik.

Atas dasar itu, perusahaan yang bergerak di bidang transformasi digital dan otomatisasi, Schneider Electric meluncurkan teknologi terbarunya yang diberi nama EcoStruxure Plant Advisor. Bisa dibilang, teknologi ini adalah evolusi berikutnya dalam manajemen pabrik digital Industrial Internet of Things (IIoT).

Pada EcoStruxure Plant Advisor, platform IIoT kini menjadi lebih terbuka untuk memberikan insight penting mengenai proses dan data operasional pabrik. Data-data yang diberikan ini akan membantu menyeimbangkan peningkatan kinerja operasional, peningkatan kendali mutu, pengurangan penggunaan energi dan bahan baku, pemeliharaan yang lebih baik, serta peningkatan profit.

Baca juga: 3 Alasan Mengapa Teknologi Otomatisasi Akan Jadi Tren Tahun 2021

Pada dasarnya, ada tiga bagian utama yang menjadi kunci teknologi EcoStruxure Plant Advisor.

1. Konektivitas hibrid (egde/cloud): Pendekatan agnostik untuk mengelola siklus hidup konektivitas sumber data dalam model data industri yang sama.

2. Platform pemrosesan data industri dan analisis multisite: Agregasi dan pemrosesan data memungkinkan pemantauan jarak jauh dan langsung melalui analitik multisite yang beroperasi secara real-time.

3. Pembuat aplikasi: Kemampuan untuk membangun aplikasi khusus dalam lingkungan kode rendah atau bahkan tanpa kode. Memanfaatkan modul IoT prebuilt dan akses terpusat ke semua data produksi untuk memenuhi kebutuhan bisnis tertentu.

Adapun beberapa manfaat yang bisa industri dapatkan dari pemanfaatan teknologi EcoStruxure Plant Advisor:

  • Pengurangan 15% downtime listrik dan sistem operasional
  • Pengurangan 30% biaya perawatan
  • Pengurangan 8% biaya pemakaian energi
  • Pengurangan 6% konsumsi bahan baku
  • Peningkatan 6% kualitas output
  • Pengurangan 5% dalam biaya penarikan produk
  • Peningkatan pendapatan sebelum bunga dan pajak (EBIT) 6-11% dari pabrik tertentu

Dengan menggabungkan sejumlah data yang dihasilkan perusahaan industri ke dalam hub terpusat, EcoStruxure Plant Advisor akan memudahkan end-user untuk mengakses, menggabungkan, dan mengontekstualisasikan semua informasi terkait operasional pabrik.

Dengan demikian, industri manufaktur atau pabrik dapat menyongsong era digitalisasi dengan lebih efisien, terukur, dan adaptif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar